Sabtu, 22 Januari 2011

Processor Intel Sandy Bridge

Sejalan dengan strategi terbaru, platform Intel Sandy Bridge (yang sebelumnya diluncurkan di CES 2011) adalah perubahan arsitektur besar yang menjanjikan peningkatan kinerja yang sangat signifikan. Selama peluncuran resmi di Singapura saat ini, perusahaan menunjukkan betapa cepat chipset baru untuk melawan mesin yang dijejali dengan Core i7 prosesor generasi sebelumnya dengan konfigurasi yang sama. Sedangkan yang terakhir mengambil alih 3 menit untuk melakukan transkode video HD, PC baru mampu menyelesaikan tugas dalam 14 detik saja.

Tapi alasan terkuat apa yang cukup untuk mengganti  komputer lama dan membeli PC baru dengan prosesor Sandy Bridge? Ada lima pertanyaan yang sering diajukan orang dan sebagai bahan referensi Anda dalam membuat keputusan.

Dapatkah saya bermain game di mesin grafis dengan intergrasi prosesor Sandy Bridge?
Di masa lalu, grafis terintegrasi Intel (IGP) difokuskan untuk menawarkan efisiensi daya atas kinerja. Sementara generasi IGP sebelumnya diperbolehkan untuk decoding video high-definition, ia menawarkan frame rate yang dapat dimainkan untuk 3D game bahkan pada pengaturan terendah.

Tidak demikian halnya bagi IGP Sandy Bridge. Meski tidak dijejali dengan kartu grafis, laptop Sandy Bridge mampu memainkan judul first person shooter, Call of Duty: Modern Warfare 2, pada pengaturan media dengan frame rate yang diterima. Ini adalah berita bagus untuk penggemar MMORPG (massively multiplayer online role-playing game) yang membutuhkan grafis tinggi.

Apakah kita akan melihat netbook atau perangkat dengan prosesor Sandy Bridge?
 
Hal ini tidak mungkin untuk melihat adopsi luas dalam kategori ini sebagai Sandy Bridge dirancang untuk laptop dan desktop karena daya desain thermal yang lebih tinggi (walaupun Acer dilaporkan tengah bekerja dengan proyek yang sama). Ini berarti membutuhkan pembuangan panas yang lebih baik, yang dapat mengambil perbaikan pada baterai. Mesin kecil seperti tablet dan minilaptops seperti Samsung Sliding PC 7 akan pergi dengan platform Intel Oak Trail yang memiliki temperatur operasi yang lebih rendah dan efisiensi daya yang lebih tinggi.

Kapan saya harus meng-upgrade komputer saya saat ini?
 
Jika kita memerlukan kinerja besar untuk multimedia transcoding dan mengedit foto atau mengedit upgrade untuk pembuat film dan fotografer, secara drastis memperpendek waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas penting.

Tetapi jika anda sudah menggunakan mesin generasi sebelumnya dengan kartu grafis high-end untuk gaming, PC Anda saat ini masih relevan dan upgrade adalah menjadi pilihan yang opsional. Sama dengan pengguna yang hanya surfing internet atau melakukan tugas terkait Microsoft Office, seperti kenaikan daya dari platform baru tidak mungkin untuk dilewatkan.

Kapan Mac naik ke platform Sandy Bridge ?
 
Walaupun Apple tidak mengomentari produk masa depan mereka, kita bisa mengharapkan debut pertama dari Mac dengan prosesor Sandy Bridge untuk hadir dalam beberapa bulan mendatang. Ini bahkan lebih menarik bagi mereka untuk melirik MacBook 13.3-inch, yang masih didasarkan pada prosesor Core 2 Duo tua dengan grafis Nvidia terintegrasi. Peningkatan Intel IGP mungkin dibutuhkan untuk Apple untuk akhirnya mengadopsi chipset Core i dalam MacBook Pro 13.3-inch atau bahkan jajaran produk MacBook Air.
Bagaimana saya tahu perbedaan antara prosesor yang lebih tua dengan mesin iCore dan proseor Sandy Bridge yang baru?
Generasi tua iCore desktop dan laptop dijejali dengan prosesor yang memiliki tiga-digit kode diikuti dengan akhiran (yaitu 520UM), sedangkan penggunaan CPU Sandy Bridge memiliki empat digit kode dengan akhiran (yaitu 2820QM). Namun, cara termudah untuk menentukan apakah sebuah desktop atau notebook menggunakan teknologi Intel terbaru adalah dengan melihat logo seperti yang ditunjukkan di bawah).

Artikel Terkait

0 komentar :

Poskan Komentar

Bagaimana Artikel Ini? Komentar Anda Saya Tunggu

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cna certification