1. Yang harus dipahami bagi pemula saat
menggunakan mobil matic adalah posisi dan urutan pada tuas transmisi.
Sebab hal ini harus Anda pahami hingga di luar pikiran, sehingga tidak
ada salah pengoperasian saat mau menjadi mundur dan sebaliknya.
2. Harus mulai membiasakan kaki kiri bebas tugas dari kebiasaan
menekan pedal kopling. Sebab pada mobil transmisi otomatis hanya ada
pedal gas dan pedal rem. Jika kaki kiri tetap ikut andil, resiko yang
bakal dihadapi adalah secara spontan kaki kiri menginjak pedal rem saat
rpm mobil naik dan serasa ingin pindah gigi transmisi.
Hal ini biasa terjadi pada beberapa orang. Sebab dalam memori pikiran
kita masih terbiasa dengan penggunaan jenis transmisi manual. Untuk itu
jangan biarkan kaki kiri berada di jalur pedal rem.
3, Anda harus membiasakan menginjak pedal rem terlebih dahulu saat
ingin memindahkan tuas transmisi ke posisi ‘D’. Hal ini bertujuan
menghindari mobil melaju dengan sendirinya.
4, Pada saat jalanan macet atau berhenti di lampu lalu lintas selama
kurang lebih 10 sampai 20 detik, sebaiknya tuas transmisi dipindahkan ke
posisi netral. Hal ini juga layaknya dilakukan pada mobil bertransmisi
manual. Dan saat ingin melaju lagi, ikuti tahap ke-2.
5, apabila Anda berada di daerah penuh dengan tanjakan maka
pentingnya tuas transmisi dipindah pada pilihan L atau 2. Dimana L (Low)
yang berada paling bawah sama halnya gigi pertama dan 2 adalah gigi
ke-2.
Saat pemilihan tersebut, dua gigi transmisi secara otomatis berpindah
antara gigi 1 dan 2 saja. Fitur ini juga bisa dipergunakan sebagai
engine brake saat jalan turun atau mengurangi kecepatan saat melaju
kencang.
6. Injakan kaki pada pedal gas yang mempengaruhi perpindahan gigi
transmisi sesuai dengan rpm mesin. Hal ini dikarenakan adanya throttle
sensor yang mendeteksi besar kecilnya injakan pedal gas.
7. Memahami fungsi tombol hold pada tuas transmisi. Beberapa mobil
matik biasanya terdapat sebuah tombol kecil bertuliskan hold. Saat
ditekan maka pada layar speedometer akan muncul tulisan kuning O/D.
Fitur hold ini sebenarnya adalah penguncian posisi gigi. Tombol dapat
dioperasikan / ditekan ketika posisi tuas berada di ‘D’, sebab fitur
ini akan mengunci di gigi 2 dan 3. Dengan adanya fitur ini juga bisa
membantu kendaraan hemat BBM selama pemakaian dalam kota.
Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Bagaimana Artikel Ini? Komentar Santun Anda Saya Tunggu