<blink>Microsoft HD Audio UAA Dan XP Sp3 Problem</blink> - Ardalopa

Ardalopa

Blog Informasi dan Teknologi

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Senin, 17 Januari 2011

Microsoft HD Audio UAA Dan XP Sp3 Problem

Hampir semua orang pernah merasa bahagia saat mendapatkan sesuatu yang baru. Begitu pula saya dan teman-teman (teknisi) ketika mendapatkan Operating system Windows XP SP3. Namun setelah dilakukan peng-installan pada beberapa PC dan Laptop kami merasa jengkel karena PC/laptopnya tidak dapat diinstall driver Audio. Padahal kami sudah sangat yakin proses installasi berjalan benar. Kejadian ini menimpa PC/laptop yang diinstall Windows XP versi SP (Service Pack) 3.

Sudah barang tentu hal ini terjadi karena PC/laptopnya tergolong versi baru, maka Audionya menggunakan Keluarga High Definition yang akan membutuhkan update (patch) jika XP-nya versi SP1, SP2 dan SP4. Berarti, seharusnya saat ini dia tidak menghadapi trouble itu, karena versi XP yang diinstall adalah SP3, yang memang tidak tersedia patch-nya.

Jika anda juga pernah (atau sedang) mengalami hal demikian, maka jangan terburu nafsu untuk segera install ulang, cobalah solusi berikut :

  1. Pastikan anda sudah mendownload file kb888111xp2.exe yang biasanya sudah masuk dalam paket driver hasil download atau terdapat di sub folder MSHDQFE pada Folder driver Audio anda.

  2. Selanjutnya, masuk ke registry pada ruang HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Windows
    Cari value name CSD Version.

    Keterangan Nilai :
    100 (hex) berarti SP1
    200 (hex) berarti SP2
    300 (hex) berarti SP3

    Default-nya, ketika anda berhadapan dengan value name CSD Version, nilainya akan tertulis dalam format Decimal,  sehingga jika sesuai angka-angka diatas maka akan menjadi :

    256 (Dec) berarti SP1
    512 (Dec) berarti SP2
    768 (Dec) berarti SP3

    Angka Decimal tersebut adalah format bilangan HEX, yang hanya dapat anda lihat ketika anda membuka value name tersebut, seperti gambar berikut :

    CSD Version

    Tugas anda kemudian adalah merubah nilai menjadi 200 yang akan menghasilkan nilai 512 dalam format Decimal, lalu RESTART

  3. Install file kb888111xp2.exe yang
  4. Selanjutnya seperti install driver biasa

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Artikel Ini? Komentar Santun Anda Saya Tunggu