<blink>HARDISK VIRTUAL</blink> - Ardalopa

Ardalopa

Blog Informasi dan Teknologi

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 05 Agustus 2010

HARDISK VIRTUAL


Definisi Harddisk Virtual
Disebut hardisk virtual karena memang lokasi penyimpanannya berada di tempat yang tidak terlihat mata. Tugas kita cukup dengan menyimpan, membaca dan mendownload saja. Pada prinsipnya, harddisk virtual sama dengan web hosting, yaitu ruangan yang disediakan secara free / non free untuk digunakan sebagai media penyimpan data secara online. Bedanya, kalo hosting secara khusus digunakan untuk penyimpanan file-file support web.  Dikatakan khusus karena dalam hosting sudah disediakan pula aplikasi-aplikasi web developing.

Sedangkan pada harddisk virtual, user hanya diperbolehkan untuk operasional simpan, share dan download saja tanpa ada system tertentu yang menyerupai hosting. Jadi, hampir mirip dengan tuker-tukeran (colong-colongan) flashdisk.



Keuntungan Pihak Penyelenggara
Anda tentu pernah mendengar Rapidshare, MegaUpload, Depositfiles, hotfile, ziddu, easy-share, 4shared dll. Semua pihak tadi menyediakan ruang penyimpanan gratis untuk file-file yang akan anda share ke seluruh dunia. Apa untungnya buat mereka ?

Sebagai persamaan pemahaman, coba simak ini :
  1. Andapun tentu sudah tahu bahwa Yahoo atau Gmail menyediakan ruang gratis hingga 1 – 7 Gb untuk penyimpanan email anda. Apa pula keuntungan bagi keduanya ?
  2. Atau facebook yang menyediakan sarana gratis untuk berbagi informasi pada seluruh masyarakat di dunia. Apa keuntungan facebook ?

Tentu saja, tidak ada yang tanpa tujuan,  yang secara sukarela berbagi begitu saja dengan anda. Biasanya, pihak penyelenggara akan menyediakan dua jenis layanan secara umum, yaitu :
  • Free User / Free Edition
  • Premium User / Premium Access
Nah, sebagai skenario dasarnya, mereka akan secara maksimal memperbanyak user berjenis kelamin free untuk menyimpan berbagai jenis file. Kemudian pada waktu yang ditentukan (jika file sudah bertumpuk) maka user yang mendownload harus mendaftar sebagai Premium User (jika ingin mendownload dengan fasilitas nyaman) yang tentu saja harus bayar.
Buat yang free ?? .. ya terpaksa harus mendownload dengan fasilitas terbatas, seperti tidak bisa melakukan download file secara parallel (bersamaan) dalam satu waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Artikel Ini? Komentar Santun Anda Saya Tunggu