<blink>Blog Bagi Pemula</blink> - Ardalopa

Ardalopa

Blog Informasi dan Teknologi

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 09 Juni 2012

Blog Bagi Pemula

Ada banyak buku-buku yang menulis mengenai hal ini, jadi saya tidak akan mencoba untuk menutupi semuanya. Jika Anda mencari buku yang bagus tentang blogging untuk pemula, Anda akan banyak sekali menemukan judul tentang ini di toko buku besar ditempat Anda. Apabila komputer Anda terkoneksi dengan internet, Anda bisa mendapatkan semua tutorial bloging atau membuat blog gratis di internet. Membuat blog yang baik itu tidaklah sulit.
Apa itu blog?
Blog adalah kependekan dari “weblog“. Pada dasarnya, blog adalah website yang memiliki daftar entri dalam urutan kronologis terbalik. Ide asli pada awalnya adalah untuk menjadi jurnal online atau diary yang diperbarui setiap hari (atau sesering penulis memilih). Selama dekade terakhir banyak platform blogging telah diciptakan untuk membuat proses menjadi sangat mudah.
Sebagai penulis blog, tergantung pada platform yang Anda gunakan. Anda hanya tinggal mengetik entri atau postingan Anda, tekan posting dan dia akan muncul di blog Anda dan bisa dilihat semua orang di dunia. Kebanyakan blogger tidak tahu tentang bahasa pemrograman. Ini sangat diuntungkan dan dimudahkan untuk memulai membangun sebuah blog atau website. Jika anda belum memulai saat ini, mengapa tidak mencobanya sekarang? Blog bisa sangat cepat Anda dapatkan dan membuat blog sepenuhnya gratis untuk pemula.
Apakah mudah untuk mendapatkan sebuah blog?
Saya berani mengatakan mudah. Setelah Anda memiliki blog, Anda akan berkata bahwa begitu mudahnya membuat blog. Tidak sedikit blogger yang memiliki beberapa blog. Apakah Anda sudah memiliki akun email? Saya yakin sudah, dan membuat blog sama mudahnya membuat akun email.
Apakah mudah untuk memulai sebuah blog?
Hal ini sangat mudah. Bahkan jika ada langkah-langkah di sepanjang jalan yang membuat Anda bingung, ada banyak sumber untuk mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan.
Berapa biaya untuk blog?
Ada banyak layanan yang memungkinkan Anda untuk memulai sebuah blog gratis, daftar tersedia di bawah. Saya sarankan menggunakan salah satu layanan gratis untuk memulai blogging. Setelah Anda memutuskan Anda ingin tetap dengan itu dan Anda ingin menghasilkan uang dengan blog Anda, saya sarankan untuk beralih ke self-hosted blog atau hosting berbayar (lihat paling bawah).
Siapapun yang benar-benar mencoba untuk mencari uang dengan blog, mungkin akan lebih berhasil dengan self-hosted blog. Mempunyai self-hosted blog bisa jadi tidak gratis, walau ada yang digratiskan seperti di 000webhost atau 100webspace (Saya tidak menyarankan). Untuk yang berbayar menurut Saya itu sangat murah. Untuk satu nama domain Anda harus membayar tidak lebih dari 100 ribu rupiah bahkan Anda bisa memperoleh harga 45-50 ribuan per tahun dan sewa web-hosting berkisar antara 10 ribu perbulan sampai jutaan pertahun. Untuk pemula Saya sarankan ambil paket standar saja.
Mendapatkan platform blogging
Mari kita mulai membuat blog yang baik. Sebenarnya banyak sekali platform bloging gratis yang tersedia di internet, Saya perkirakan lebih dari 2 lusin dan mungkin akan terus bertambah. Saya memberikan 4 pilihan alternative tempat membuat blog yang populer. Pilihan membuat blog gratis adalah yang paling mudah, tetapi juga terbatas pada fitur. Jika Anda hanya mencoba untuk mendapatkan beberapa ratus dolar dari blog Anda, opsi ini sudah bisa bekerja. Tetapi jika Anda benar-benar serius mencoba untuk membuat banyak uang dari blog Anda, Saya sarankan memakai self-hosted.

tumblr iconsTumblr.com. Ini mungkin platform blogging yang paling sederhana untuk digunakan, tetapi mungkin juga yang paling customizable. Jadi, mungkin menjadi sesuatu yang baik untuk memulai dengan platform ini, tetapi akan lebih sulit untuk membangun sebuah website yang menghasilkan uang dengan ini. Nama domain Anda akan berakhiran tumblr.com.


blogspot iconBlogger.com. Membuat blogspot di Blogger juga sangat baik, mudah diatur, dimiliki oleh Google. Anda dapat menyesuaikan tema, dan nama domain Anda akan berakhiran blogspot.com yang menurut beberapa orang agak kurang professional tapi menurut Saya cukup familiar. Tapi Saya perkirakan blog ini yang paling banyak digunakan oleh para blogger di dunia. Blogger terus menjadi lebih customizable dan saat ini memiliki theme standar pilihan lebih banyak daripada yang mereka lakukan beberapa tahun lalu. Tertarik membuat blogspot di Blogger, download cara membuat blog di blogger.

wordpress iconsWordPress.com. Platform gratis favorit Saya. Saya suka wordpress.com karena mereka benar-benar menarik bagi Saya dan lebih elegan, lebih mudah diatur, ada banyak pilihan tema, tapi kustomisasi lainnya tetap terbatas seperti yang lainnya, dan nama domain Anda akan berakhiran wordpress.com. Tertarik membuat blog di wordpress.com, download cara membuat blog di wordpress.

logo blogdetikBlogdetik.com. Platform lokal Indonesia. Platform ini memakai mesin wordpress, bagi Anda yang sudah pernah memakai wordpress maka tidak akan asing dengan dashboardnya, juga mudah diatur, pilihan tema cukup banyak, fitur juga lebih lengkap, dan Saya merasakan bahwa kustomisasi lainnya tidak selengkap ini, ada penambahan plugin-plugin pilihan yang tidak ditemukan di platform-platform lainnya. Membuat blog di blogdetik.com cocok bagi yang suka fitur lebih, dan nama domain Anda akan berakhiran blogdetik.com. Tertarik juga membuat blog di blogdetik.com, download cara membuat blog di blogdetik.

wordpress iconWordPress.org. Tunggu, apa perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org? Sederhananya adalah, WordPress.com adalah platform untuk membuat sebuah blog dasar mudah tapi fitur yang terbatas. WordPress.org adalah platform untuk mendapatkan self-hosted blog. Dimana Anda akan sangat leluasa menkustomisasi blog Anda. Menambahkan plugin-plugin pilihan sebanyak yang Anda suka. Menambahkan template pilihan yang Anda download sendiri atau mungkin theme buatan Anda sendiri. Ini adalah titik di mana Anda serius dengan blogging dan benar-benar ingin membuat uang dengan ini secara profesional.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang mencari informasi Dasar-Dasar Blogging. Selamat membuat blog dan berkarya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana Artikel Ini? Komentar Santun Anda Saya Tunggu