Perbedaan antara RAM dan ROM - Ardalopa

Ardalopa

Blog Informasi dan Teknologi

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 15 Oktober 2011

Perbedaan antara RAM dan ROM

RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) adalah dua teknologi yang sangat tua yang diciptakan pada hari-hari awal komputasi. Meskipun demikian, mereka masih digunakan saat ini bahkan jika definisi teknis dari keduanya tidak sebagaimana berlaku seperti sebelumnya. Perbedaan utama antara RAM dan ROM adalah menggunakan mereka. ROM digunakan untuk menyimpan kode untuk program yang berjalan di prosesor. Sebagai perbandingan, RAM digunakan untuk menyimpan data sementara yang dibuat dan digunakan oleh program.
RAM dinamakan demikian karena setiap area memori dapat diakses dengan cepat tanpa harus melalui segala sesuatu yang lain. Hal ini berbeda untuk tekan drive, di mana waktu akses linear terkait dengan posisi saat ini dari kepala ke posisi data. Cara ROM bernama juga sangat mirip, karena ROM tua yang dibuat dengan data built-in dan tidak ada cara untuk mengubahnya. Tentu saja, kedua hal tersebut tidak berlaku lagi. Chip DRAM sebenarnya diakses dalam semburan bukan secara acak. ROM sekarang dibuat dengan flash memori yang dapat dengan mudah ditulis. Namun, terminologi lama telah terjebak sejak itu.


RAM adalah jenis memori volatile, yang berarti bahwa ia kehilangan isinya begitu kekuasaan akan dihapus. Ini adalah alasan mengapa tidak dapat menggantikan ROM, yang mempertahankan isinya bahkan ketika tidak bertenaga. Kelemahan ROM jauh lebih lambat kecepatan. Menggunakan untuk mengganti RAM akan membuat komputer melakukan sangat lambat.


Saat ini, RAM terlihat terutama sebagai memori utama komputer dan gadget lain seperti smartphone dan tablet. Dalam gadget portabel, memori internal diperuntukkan bagi aplikasi yang sering disebut sebagai ROM. Tapi di komputer, ROM mempertahankan makna aslinya. Chip digunakan untuk menyimpan BIOS ROM karena tidak rutin ditulis untuk, tetapi kadang-kadang diperbarui. Optical drive juga disebut ROM (yaitu CD-ROM dan DVD-ROM) seperti yang mereka lakukan membaca disk yang tidak dapat ditulis ke, tetapi kebanyakan drive optik juga memiliki kemampuan untuk menulis ke disc kosong.

Ringkasan:

ROM digunakan untuk menyimpan program sementara RAM digunakan oleh program untuk menyimpan data sementara.
RAM adalah jenis memori yang dapat diakses non-berurutan sedangkan ROM adalah jenis memori yang hanya dibaca dalam operasi khas.
ROM adalah non-volatile sementara RAM volatile.
RAM jauh lebih cepat daripada ROM
.


2 komentar:

  1. Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

    BalasHapus
  2. Makasih mas... sering" berkunjung ya...

    BalasHapus

Bagaimana Artikel Ini? Komentar Santun Anda Saya Tunggu