Wireless Bermasalah di Windows XP ? - Ardalopa

Ardalopa

Blog Informasi dan Teknologi

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 10 April 2011

Wireless Bermasalah di Windows XP ?

Kasus bermula dari kedatangan teman saya yang katanya punya masalah koneksi wireless di laptop kesayangannya. Pasalnya, dia begitu ngotot mengatakan bahwa perangkat wireless di laptopnya tidak ada masalah. Padahal jelas-jelas dia ga bisa konek internet walau terlihat sinyal wireless di laptopnya full.
 
Saat teman saya yang lain mem-vonis kalau hardware wirelessnya error, disitulah adu mulut ( untung ga dibilang maho/hombreng  ) terjadi.

Tapi bukan itu yang akan kita bahas. Kali ini, kita akan membahas tentang Windows XP yang tidak bisa connect ke wireless. Padahal, anda sudah yakin bahwa tidak ada masalah sama sekali dengan hardwarenya. Dan drivernya pun sudah terinstall dengan benar. Namun, ketika mengklik tombol Connect pada salah satu jaringan wireless yang tertangkap, yang muncul justeru adalah pesan sebagai berikut:

"Windows is unable to connect to the selected network.  The network may no longer be in range. Please refresh the list of available networks and try to connect again."

Terjemahan bebasnya kira-kira begini : “Bahwa windows tidak bisa melakukan koneksi pada jaringan tersebut dikarenakan (mungkin) tidak lagi berada dalam jangkauan. Silakan refresh dan coba lakukan koneksi lagi.”

Pesan itu tetap muncul setiap kali anda mengklik tombol Connect, padahal sinyal yang didapatkan dalam status Strength (full).

Penyebab
Masalah ini seringkali terjadi oleh tidak tersedianya feature security yang sesuai dengan ketentuan di Wireless Router. Windows XP, secara default hanya menyediakan dua jenis type security wireless, yaitu WPA dan WPA-PSK.
 Sehingga, jika security yang anda tentukan di router adalah WPA2, maka tentu saja windows xp menganggap tidak menjangkau jaringan tersebut (walaupun sinyal terlihat full) atau bahasa windows biasanya mengatakan “may no longer be in range”.

Lantas, apakah windows xp anda salah ?, apakah windows anda jelek ? .. bukan, alangkah bodohnya jika kita beranggapan demikian.

Perlu anda ketahui bahwa WPA2 itu diciptakan setelah windows XP beredar. Jadi, sangat wajar jika Windows XP belum memasukkannya dalam feature wireless yang tersedia. Solusinya, anda harus mendownload file update dari situs resminya langsung. Untuk mempercepat pencarian, sebaiknya masuk ke google dan ketik “WPA2 update site:microsoft.com”. File yang harus anda download adalah KB893357.exe.
 
Setelah itu, anda tinggal install dan restart computer.
 

9 komentar:

  1. Anonim8:56 PM

    Tq om, blog nya sangat membantu . sempet bingung juga awalnya, aku kira hardware nya yg kena.

    BalasHapus
  2. Anonim9:57 AM

    muantabsssssss gaaaaannnn, ane jd kbntu

    BalasHapus
  3. KREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNNNNN.........THANK U OM........udah bingung......untung ada om .

    BalasHapus
  4. Anonim10:09 PM

    mantabh gan..resepny manjur..

    BalasHapus
  5. makasih ya gan, lapie tua ane jadi bisa wifian lagi :D

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah klo ini bermanfaat..

    BalasHapus
  7. mas kok gak bisa ya, conect tapi setiap di masukin paswordnya langsung restart ?? please

    BalasHapus
  8. Anonim12:16 PM

    masih ga mau gan :(

    BalasHapus

Bagaimana Artikel Ini? Komentar Santun Anda Saya Tunggu